Anda Sering Konsumsi Minuman Bersoda? Ini Akibatnya

Ternyata kelebihan berat badan bukan hanya makanan. Ada faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, tetapi jarang tercapai. Salah satunya adalah minuman dengan kadar gula tinggi, misalnya. B. minuman ringan

Air berkarbonasi, pemanis, warna dan pengawet adalah bahan yang biasa ditemukan dalam minuman ringan. Bahkan, beberapa minuman bersoda juga mengandung kafein dan alkohol, meski dalam jumlah kecil.

Minuman berkarbonasi memperlambat kesehatan kita

Banyak penelitian mengaitkan efek dari penggunaan minuman ringan dengan masalah kesehatan seperti stroke, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, obesitas dan kanker, terutama jika mereka sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman ringan yang tidak terkait dengan masalah kesehatan cenderung disponsori oleh produsen minuman berkarbonasi.

Berbagai masalah kesehatan akibat minuman bersoda

Masalah kesehatan berikut dapat disebabkan oleh minuman ringan.

Meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa risiko serangan jantung dan stroke meningkat pada orang yang mengonsumsi minuman ringan bergula setiap hari. Ini diyakini sebagai kasus karena kebiasaan mengonsumsi minuman ringan dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, resistensi insulin dan peradangan.

Minuman bersoda dapat menyebabkan obesitas

Minuman bersoda adalah salah satu penyebab kegemukan saat dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman ringan menyebabkan timbunan lemak. Studi ini juga menemukan bahwa sebagian besar anak-anak yang kelebihan berat badan menerima 1000-2000 kalori sehari hanya dari minuman berkarbonasi.

Minuman bersoda dapat menyulitkan Anda mengontrol gula darah
Efek minuman ini tidak baik untuk penderita diabetes. Tingginya kadar gula dan kalori serta tidak adanya nutrisi penting lainnya dalam minuman bersoda dipercaya dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes dan masalah kesehatan.

Meningkatkan risiko osteoporosis dengan memengaruhi penyerapan kalsium

Hipotesis ini muncul karena ada penelitian yang membangun hubungan antara konsumsi minuman ringan dan kepadatan tulang yang rendah. Meskipun beberapa temuan ilmiah memiliki kesimpulan yang serupa, hipotesis ini perlu diselidiki lebih lanjut. Lebih lanjut, ada kecurigaan lebih lanjut bahwa asam fosfat dan kafein dalam minuman ringan dapat mengurangi penyerapan kalsium dalam tulang yang mengarah pada osteoporosis. Jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang, susu rendah lemak adalah minuman yang paling Anda butuhkan. Selain itu, angkat berat dan konsumsi teratur makanan kaya kalsium seperti brokoli, keju, dan kuning telur membantu.

Masalah kesehatan serius karena kandungan fenilalanin

Minuman ringan biasanya ditambahkan ke pemanis buatan seperti fenilalanin yang mengandung aspartam. Zat ini diindikasikan sebagai faktor risiko kerusakan otak, keterbelakangan mental, kejang, dan masalah kesehatan pada pasien dengan fenilketonuria. Tes darah dapat dilakukan untuk menentukan apakah seseorang memiliki kelainan tersebut. Secara umum, aspartam dalam dosis tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar fenilalanin yang signifikan di otak. Karena itu, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan ini, termasuk minuman bersoda, harus direkomendasikan, terutama bagi orang-orang dengan kondisi berikut:

Gangguan tidur dan gangguan mental

karena fenilalanin dapat memperburuk kecemasan.
Ambil antipsikotik atau mengandung levodopa.
Pasien dengan tardive dyskinesia otot yang abnormal.
karies
Secara umum, minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi, termasuk glukosa dan fruktosa. Kedua zat tersebut dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Selain itu, beberapa minuman ringan mengandung asam yang dapat merusak email. Menyikat secara teratur dan minum minuman bersoda dengan sedotan dapat mengurangi risiko ini.

Konsumsi limun dalam jumlah terbatas relatif aman karena kandungan pemanisnya tergolong aman untuk kesehatan. Kalori soda diet kurang dari soda normal, tetapi minuman ini bukan minuman yang baik untuk dimakan setiap hari. Air mineral, teh tanpa gula atau susu rendah lemak jauh lebih baik daripada minuman ringan.

Baca Juga :

Jenis-jenis Transmisi Data dan Pengertiannya Lengkap

Beberapa Contoh Karangan Narasi Lengkap dengan Pengertiannya

Pelajaran Rumus Kimia dan Contoh Soalnya

Comments are closed.