Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan Anda kuat, Anda tidak akan mudah sakit. Untuk meningkatkan kekebalan, ada berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menjalani gaya hidup dan diet yang sehat.

Sistem kekebalan atau sistem kekebalan terdiri dari kumpulan sel, jaringan, dan organ yang bekerja bersama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Ketika sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman ini dapat dengan mudah memasuki tubuh dan menyebabkan infeksi.

Salah satu penyakit menular yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika sistem kekebalannya lemah adalah COVID-19 atau infeksi virus Corona.

Berbagai makanan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan sehat yang bergizi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghilangkan infeksi. Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan adalah:

1. Brokoli
Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan dan kaya akan vitamin A, C dan E. Kandungan nutrisi ini membuat brokoli mampu mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bayam
Kandungan antioksidan dalam bayam tidak kalah tinggi dari brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C dan vitamin A yang efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar tidak menyia-nyiakan nutrisi.

3. Bawang putih
Bumbu yang paling sering digunakan sebagai bumbu dalam makanan ini mengandung allicin. Zat ini mampu mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat membunuh bakteri, virus dan parasit dan memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga tekanan darah normal.

4. Kunyit
Warna kuning kunyit menunjukkan bahwa ramuan ini mengandung curcumin. Curcumin adalah antioksidan yang berperan dalam mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat membantu mengatasi osteoartritis dan artritis reumatoid. Tidak hanya itu, kunyit juga berpotensi mengurangi risiko berbagai penyakit serius, seperti diabetes, demensia, masalah jantung dan kanker.

Meski begitu, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit belum diteliti lebih lanjut.

5. Buah
Buah-buahan cerah dan berwarna cerah kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu biji dan stroberi.

6. Makanan Laut
Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan stamina termasuk ikan, kerang dan tiram.

7. Yogurt
Yogurt adalah jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain yogurt, probiotik juga terkandung dalam banyak makanan fermentasi lainnya, seperti kimchi atau tempe.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih dan ISPA.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi secara optimal, maka perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari berbagai jenis makanan di atas.

Selain makan makanan sehat, perlu mengadopsi cara-cara untuk meningkatkan kekebalan dengan minum banyak air dan menghindari konsumsi minuman beralkohol, makanan yang tinggi gula dan makanan yang mengandung banyak kolesterol.

Tingkatkan kekebalan dengan gaya hidup sehat

Sistem kekebalan yang kuat juga dapat dicapai dengan menjalani gaya hidup sehat. Beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperkuat sistem kekebalan adalah:

1. Berolahraga secara teratur
Olahraga teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan merangsang kinerja sel darah putih. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, menguatkan otot dan tulang dan memperdalam tidur.

Waktu pelatihan yang disarankan adalah 20-30 menit setiap hari. Pilihan pelatihan yang baik dibuat untuk meningkatkan daya tahan termasuk berjalan, berenang, bersepeda, aerobik, dan berolahraga di gym.

2. Kelola stres
Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan tubuh terus memproduksi hormon kortisol. Tingginya kadar hormon stres atau kortisol pada akhirnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, luangkan waktu untuk melakukan hobi, cukup istirahat, aktif bersosialisasi dan melakukan teknik relaksasi untuk menghilangkan stres. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi stres yang Anda alami.

3. Tertawa
Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat tawa adalah meningkatkan produksi endorphin yang dapat menghilangkan stres dan memperbaiki suasana hati. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga.

4. Berhenti merokok
Sering merokok, baik aktif maupun pasif (menghirup asap rokok oleh orang lain), telah menunjukkan

Baca Juga :

Comments are closed.